• Jumat, 29 September 2023

Daging Kambing Dam Jemaah Haji Bisa Dinikmati Masyarakat Indonesia, Baznas Kemenag dan BPKH Lakukan Ini

- Jumat, 23 Juni 2023 | 13:01 WIB
Daging Kambing hasil pembayaran Dam jemaah haji Indonesia akan dinikmati oleh masyarakat Indonesia, Baznas, Kemenag dan BPKH siapkan strategi ini. Foto / ViewJabar / Pixabay /.
Daging Kambing hasil pembayaran Dam jemaah haji Indonesia akan dinikmati oleh masyarakat Indonesia, Baznas, Kemenag dan BPKH siapkan strategi ini. Foto / ViewJabar / Pixabay /.

VIEWJABAR - Daging Kambing pembayaran Dam dari jemaah haji asal Indonesia, bakal dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kementerian Agama (Kemenag) RI, dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melakukan hal ini agar daging Kambing Dam bisa dinikmati masyarakat Indonesia.

Baznas, Kemenag dan BPKH bekerjasama melakukan pengelolaan pembiayaan Dam dengan mengkalengkan daging Kambing hasil pembayaran Dam.

Baca Juga: Kerjasama Indonesia dan Tiongkok, Ini Bahasan yang Ditawarkan, Airlangga Hartarto Sebut Pemulihan Ekonomi

Kemudian daging Kambing hasil pembayaran Dam jemaah haji asal Indonesia tersebut dikirimkan ke Indonesia untuk dibagikan ke daerah terluar yang membutuhkan asupan protein.

Ketua Baznas, Noor Achmad mengatakan bahwa proses pengkalengan daging Kambing hasil pembayaran Dam jemaah haji bisa dilakukan tahun ini.

Karena ternyata di berbagai wilayah di Indonesia masih banyak masyarakat terutama daerah-daerah terluar yang sangat membutuhkan asupan protein dan gizi yang baik.

Baca Juga: Idul Adha, Lakukan Amalan Ini, Dapat Pahala Puasa Meskipun Tidak Berpuasa

"Kami harapkan, tahun ini mudah-mudahan bisa dimulai. Dam yang ada di sini (Arab Saud.) nanti akan dikalengkan dan dikirim ke Indonesia," kata Noor Achmad dilansir ViewJabar dari ANTARA Jumat 23 Juni 2023.

Hasil perhitungan yang dilakukan Baznas, jika saja ada 5.000 Kambing pembayaran Dam yang disembelih, maka ada sekitar 100 ribu kaleng daging yang bisa dikirim ke Indonesia.

Kemudian daging Kambing hasil pembayaran Dam tersebut disebarkan ke daerah-daerah terluar di Indonesia yang saat ini membutuhkan khususnya untuk mengatasi stunting dan kemiskinan ekstrim.

Baca Juga: Idul Adha, Lakukan Amalan Ini, Dapat Pahala Puasa Meskipun Tidak Berpuasa

Kata Noor Achmad, pihak Baznas, sudah menandatangani MoU dengan Ditjen PHU Kemenag serta dengan pihak masyarik manaf, yang dulunya muasasah untuk Asia Tenggara dalam pengelolaan ekosistem terkait dengan ekonomi haji, termasuk di dalamnya pengelolaan Dam.

“Kami akan melakukan MoU langsung di sini dan kemarin kami sudah ada pembicaraan di Jakarta. Kami kerja sama dengan Halalan Thayyiban dan Halalan Globalindo, Insyaallah mereka yang akan menangani di sini,” katanya.

Halaman:

Editor: Silmi Kaffatan

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X